Saturday, May 14, 2011

Ekonomi sebagai Ilmu Kelangkaan dan Pilihan


Definisi Robbins Ekonomi: 

Definisi Marshall ekonomi tetap sebuah artikel iman dengan semua ekonom 1830-1932. Namun, dengan penerbitan buku Robbins "Sifat dan Pentingnya Ilmu Ekonomi" (1932), ada mengembangkan kontroversi segar dalam kaitannya dengan definisi ekonomi. Lionel Robbins, setelah mengkritik definisi yang diberikan oleh Klasik dan ekonom Neo-klasik, memberikan definisi sendiri Ekonomi. Menurut dia:
"Pertama, definisi Ekonomi yang diberikan oleh dia lebih unggul dengan yang lainnya karena tidak mengandung materi referensi istilah atau kesejahteraan,. Kedua hal itu berlaku sebagai banyak kasus individu terisolasi sebagai ke jaring yang rumit kerja masyarakat. Ketiga, meningkatkan status Ekonomi dengan Sains Keempat, itu membuat Ekonomi sebuah ilmu positif yang hanya menangani fakta, ini melarang para ahli ekonomi untuk lulus setiap pertimbangan nilai tentang apa yang baik atau buruk, benar atau salah, dll ".
Lionel Robbins mengklaim definisinya Ekonomi tepat, ilmiah dan unggul, mendefinisikan Ilmu 'Ekonomi buku' Sifat dan Signifikansi Ekonomi (Published in 1932):
"Suatu ilmu yang mempelajari perilaku manusia sebagai hubungan antara tujuan dan sarana langka yang memiliki kegunaan alternatif".
Definisi ini didasarkan pada empat pilar berikut:
  • Manusia ingin atau berakhir tidak terbatas
  • Berakhir bervariasi pentingnya
  • Cara langka
  • Berarti memiliki kegunaan alternatif

Pilar Utama Definisi Robbins:

(I) Manusia menginginkan atau berakhir tidak terbatas: Manusia ingin disebut sebagai tujuan oleh Robbins tidak terbatas. Mereka peningkatan kuantitas dan kualitas selama periode waktu. Mereka berbeda antara individu-individu dan lembur untuk individu yang sama. Tidaklah mungkin untuk menemukan orang yang akan mengatakan bahwa keinginannya untuk barang dan jasa telah benar-benar puas. Hal ini karena kenyataan bahwa ketika salah satu ingin puas, ia digantikan oleh yang lain dan ada kemudian tidak ada akhir untuk itu. 
(Ii) berakhir atau ingin bervariasi dalam penting: berakhir atau ingin adalah dari berbagai kepentingan. Mereka adalah peringkat dalam urutan kepentingan sebagai: (a) keperluan (b) kenyamanan dan c) kemewahan (. Manusia umumnya memenuhi nya mendesak ingin pertama dan kurang mendesak kemudian di urutan kepentingan mereka. 
(Iii) Kelangkaan sumber daya: Sumber daya input yang digunakan dalam produksi hal-hal yang kita butuhkan. Sumber daya (tanah, tenaga kerja, modal dan kewirausahaan) di pembuangan manusia langka. Mereka tidak ditemukan sebagai kuantitas sebanyak yang kita membutuhkan mereka. Kelangkaan berarti bahwa kita tidak pernah dan tidak bisa memiliki pendapatan yang cukup atau kekayaan untuk memuaskan keinginan kita semua. Kelangkaan ada karena manusia selalu ingin melebihi apa yang dapat diproduksi dengan sumber daya yang terbatas dan waktu yang tersedia untuk Alam membuat manusia pada satu waktu. Kelangkaan adalah fakta kehidupan. Hal ini terjadi antara orang miskin dan kalangan orang kaya. Orang terkaya di bumi menghadapi kelangkaan karena dia juga tidak bisa memenuhi semua keinginannya dengan keterbatasan waktu yang tersedia baginya. 
(Iv) Menurut Robbins: ujung tak terbatas dan sumber daya yang langka menyediakan landasan untuk bidang Ekonomi. Sejak manusia menginginkan yang terhitung dan sarana untuk memuaskan mereka yang langka atau terbatas dalam penyediaan, oleh karena itu, masalah ekonomi muncul. Jika semua hal-hal yang tersedia secara gratis untuk memuaskan keinginan manusia tak terbatas, maka tidak akan muncul setiap kelangkaan, sehingga tidak ada barang ekonomi, tidak perlu ekonomi dan tidak ada masalah ekonomi. Kelangkaan, dengan demikian, dapat didefinisikan sebagai kelebihan manusia mau atas apa yang dapat benar-benar diproduksi dalam perekonomian. 
(V) ekonomi sumber daya memiliki kegunaan alternatif: Proposisi penting keempat definisi Robbins adalah bahwa sumber daya yang langka yang tersedia untuk memenuhi manusia ingin memiliki kegunaan alternatif. Mereka dapat dihukum satu digunakan pada satu waktu. Misalnya, jika sebidang tanah digunakan untuk produksi tebu, tidak dapat dimanfaatkan untuk pertumbuhan tanaman lain pada waktu yang sama. Man, oleh karena itu, harus memilih cara terbaik untuk memanfaatkan sumber daya yang langka yang memiliki kegunaan alternatif. kelangkaan sumber daya dan pilihan yang merupakan masalah utama yang dihadapi setiap masyarakat. 
Pilihan yang akan dibuat oleh dalamnya adalah:
  • Apa barang harus diproduksi dan berapa jumlah?
  • Bagaimana seharusnya berbagai barang dan jasa yang dihasilkan?
  • Bagaimana barang dan jasa yang didistribusikan?
Menyimpulkan dasar ilmu ekonomi menurut Robbins, didasarkan pada kepuasan manusia ingin menakut-nakuti dengan sumber daya yang memiliki kegunaan alternatif.

Manfaat's Definisi Robbins Ekonomi:

Ada banyak pengagum definisi Robbins. Ini memiliki manfaat sebagai berikut:
(I) Status ilmu yang positif: Robbins mencoba membuat ekonomi suatu ilmu yang lebih tepat. Menurut dia, ekonomi tidak ada hubungannya dengan berakhir. Mereka mungkin mulia atau hina, materi atau non-materi. Ekonomi tidak peduli dengan mereka seperti itu.
(Ii) Definisi analitik: definisi Robbins membuat ilmu ekonomi analitis. Ini mempelajari aspek khusus perilaku manusia yang dikenakan oleh pengaruh kelangkaan.
(Iii) definisi universal: definisi Robbins berlaku di mana-mana. Hal ini terkait dengan terbatas keinginan dan sumber daya yang terbatas yang merupakan masalah yang dihadapi setiap perekonomian sosialistik atau kapitalistik.
(Iv) jelas pada sifat dan ruang lingkup ekonomi: definisi Robbins berfungsi untuk menentukan sifat, ruang lingkup dan pokok ekonomi. Menurut dia, masalah ekonomi ditandai oleh kemungkinan melaksanakan pilihan antara mengakhiri yang memiliki kegunaan alternatif.
(V) Penilaian merupakan masalah sentral: Menurut Robbins, penilaian adalah masalah utama ekonomi. Dimanapun ujungnya tak terbatas dan sumber daya yang menakut-nakuti, mereka menimbulkan masalah ekonomi Definisi identitas Marshall tidak proses penilaian.

Kritik pada Robbins Definisi Ekonomi atau Demerits:

Robbins definisi ekonomi telah pahit dikritik oleh penulis terkemuka Hicks, Longe, Durbin, Frazer, dll, dengan alasan sebagai berikut:
(I) Berkurangnya ekonomi semata-mata untuk suatu teori nilai: Definisi Robbins membatasi ruang lingkup ekonomi dengan memperlakukannya sebagai Ilmu positif hanya, padahal itu adalah baik positif dan ilmu pengetahuan normatif.
(Ii) Lingkup ekonomi telah melebar: Definisi Robbins telah 
memperluas ruang lingkup ekonomi dengan menutup seluruh kehidupan ekonomi, sementara itu berkaitan dengan bagian dari kehidupan manusia yang dihubungkan dengan harga pasar.
(Iii) Ekonomi telah menjadi sebuah ilmu tidak berwarna: terbuat ekonomi Robbins tidak berwarna, impersonal dan abstrak. Ini sebenarnya definisi ekonomi untuk ekonom saja.
(Iv) Studi pertumbuhan ekonomi: Studi mengenai proses pertumbuhan ekonomi tetap berada di luar lingkup ekonomi ketika sedang melalui pertumbuhan ekonomi yang meningkatkan standar hidup.
Menyimpulkan: Definisi ekonomi yang diberikan oleh Robbins memiliki kekurangan tertentu keraguan. Namun, lebih komprehensif dalam menggambarkan masalah pemanfaatan sumber daya.

No comments:

Post a Comment